Jenis warna burung lovebird yang populer

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang memiliki warna cantik ini? Lovebird nama nya, burung dengan kecantikan warna ini sekarang banyak di buru oleh sobat kicau mania. Sekarang ragam dan jenis burung lovebird sangat banyak di dunia ini.  Namun bila dilihat dengan pendekatan ilmu taksonomi, hanya terdapat 9 spesies burung lovebird. Delapan diantara sembilan spesies tersebut ditemukan di daratan benua Afrika meliputi Anggola, Namibia, Kongo, Tanzania, Zambia, Zimbabwe, Etiopia, Malawi dan Afrika Selatan. Satu spesies sisanya ditemukan di kepulauan Madagaskar.

Berikut jenis-jenis burung lovebird berdasarkan spesiesnya:
1. Lovebird Agapornis roseicollis nama lain nya lovebird muka salem

Burung lovebird ini dipercaya sebagai burung lovebird pertama yang berhasil didomestikasi. Tidak heran apabila jenis ini paling banyak dibudidayakan. Persilangan muka salem melahirkan berbagai mutasi warna yang menarik. Konon, ragam warnanya bisa mencapai 100.000 kombinasi. Penyebarannya di wilayah barat daya Afrika.
2. Lovebird Agapornis personata nama lain nya lovebird muka topeng.

Ciri – ciri burung ini adalah kepala sampai leher berwarna hitam kecoklatan, seperti mengenakan topeng. Hasil mutasi warna burung ini adalah gradasi biru dan biru muda, sementara warna kepala dan lehernya tetap hitam kecoklatan. Penyebarannya meliputi wilayah Tanzania.
3. Lovebird Agapornis fischeri

Burung ini memiliki ciri tubuh berwarna hijau, dari kepala sampai dada kemerahan dengan gradasi hingga oranye, lingkar mata putih. Mutasi warna dari burung ini adalah fischeri biru dan albino. Wilayah penyebarannya di Tanzania.
4. Lovebird Agapornis lilianae nama lain nya Nyasa lovebird.

Memiliki ciri ciri warna tubuh hijau, kepala sampai muka berwarna merah, bagian kerongkongan hingga leher belakang berwarna kuning. Mutasi warna nyasa adalah biru dan lutino. Penyebarannya meliputi Tanzania, Malawi dan Mozambik.
5. Lovebird Agapornis nigrigenis nama lain nya “Black-cheeked lovebird” atau lovebird pipi hitam.

Ciri ciri burung ini adalah warna tubuhnya hijau hingga hijau kekuningan terutama bagian bawah. Bagian pipi berwarna hitam kecokelatan. Mutasi warna burung ini adalah hitam biru. Penyebarannya meliputi Zambia dan Zimbabwe.
6. Lovebird Agapornis cana nama lain nya “Madagascar lovebird”.

Burung lovebird ini memiliki ciri – ciri tubuh yang relatif mungil, bobotnya sekitar 30-35 gram. Warna tubuh bagian atas hijau dan bagian bawah hijau muda. Pada burung jantan, warna kepala hingga dada abu-abu. Sedangkan pada betina berwarna hijau muda. Burung ini jarang ditangkarkan karena keberadaannya terbatas. Penyebarannya hanya ada di Madagaskar.
7. Lovebird Agapornis taranta nama lain nya “Abyssinian lovebird”.

Burung lovebird ini dikenal juga dengan lovebird sayap hitam. Karena warna sayap bagian bawah kehitaman. Hampir seluruh warna tubuh burung betina berwarna hijau hingga hijau muda. Sedangkan pada jantan terdapat warna merah di muka bagian atas. Lingkar mata betina hijau dan jantan merah. Mutasi warna burung ini kuning kecokelatan. Penyebarannya di daerah Etiopia.
8. Lovebird Agapornis Pullaria nama lain nya lovebird muka merah.

Burung lovebird ini memiliki muka merah juga dahi dan muka nya berwarna merah. Pada burung betina dahi dan muka lebih oranye. Warna tubuh hijau hingga hijau kekuningan dan kaki abu-abu. Burung ini sulit ditangkarkan. Penyebarannya meliputi Afrika Barat dan Afrika Tengah.
9. Lovebird Agapornis Swindernia nama lain nya lovebird kerah hitam.

Burung ini mempunyai ciri di daerah lehernya. Terdapat warna hitam melingkar seperti kerah. Warna tubuhnya hijau hingga hijau kekuningan. Burung ini sulit ditangkarkan dibandingkan jenis burung lovebird lain nya. Wilayah penyebarannya Afrika tengah dan Afrika Barat.

Lalu burung apa saja yang baik untuk memaster Lovebird?
Berikut beberapa jenis burung yang bagus untuk memaster Lovebird:

1. Burung Cililin
Burung Cililin ini memiliki suara yang nyaring dan tajam. Sehingga kalau digunakan untuk masteran Lovebird, maka hasilnya akan istimewa. Lovebird bisa cepat ngekek panjang. Terlebih kalau Lovebird masih paud, daya serap memorinya semakin tinggi.

2. Burung Kenari
Tak jauh beda dengan burung Cililin, suara burung Kenari yang keras dan ngerol menjadi masteran Lovebird yang bagus. Tak hanya itu, burung Kenari juga mempunyai suara dan irama yang lebih bervariasi sehingga bagus untuk masteran burung.

3. Burung Tengkek buto
Untuk masteran burung Lovebird lainnya, Anda bisa menggunakan burung ini yaitu Burung Tengkek Buto. Namun, jika Anda tidak memiliki burung tersebut, Anda bisa mencari suara masteran di aplikasi, YouTube, atau suara masteran burung MP3 lainnya. Karakter suara burung Tengkek buto terdengar tajam dan rapat, sehingga bagus untuk masteran Lovebird Paud.

4. Burung Cucak Jenggot
Hampir sama dengan ke 3 jenis burung diatas, ternyata suara burung Cucak Jenggot juga bisa dijadikan alternatif masteran suara burung Lovebird. Kelebihan masteran Lovebird ini dapat menambah variasi suara Lovebird, terutama untuk karakter Lovebird latah.

5. Belalang atau walang Kecek
Siapa sangka ternyata belalang kecek bisa dipakai untuk masteran Lovebird yang bagus. Selain Lovebird, belalang kecek juga dapat digunakan untuk masteran burung Murai Batu, Kacer, Cendet, Lovebird, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *