Begini cara membedakan burung pleci jantan dan betina

Posted on

Ternyata banyak sekali jenis burung pengicau di muka bumi ini, sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengenal satu persatu burung tersebut.

Burung pleci adalah salah satu jenis burung kicauan yang juga termasuk burung lomba yang saat ini sudah menjadi primadona untuk para pecinta burung kicau. Sebab untuk kicauan burung pleci ini dikenal merdu dan juga lantang atau terdengar melengking. Untuk jenis burung pleci ternyata juga sangat beraneka ragam, takan tetapi kebanyakan jenis pleci yang berdada kuning lebih banyak dilombakan jika dibandingkan jenis pleci yang lainnya.

Hal tersebut diakibatkan oleh perawatan pleci yang berdada kuning yang uga dinilai cenderung lebih mudah jika dibandingkan perawatan burung pleci yang berdada putih. Perawatan dilakukan juga untuk mempercepat burung pleci agar ngerol dan mau berkicau dengan rajin.

Bagi sobat kicau yang belum pernah melihat burung pleci, berikut ini ciri-ciri burung pleci jantan dan betina yang bisa kalian amati.

Ciri-ciri burung pleci jantan

Ekornya yang lebih panjang dan berujung lancip seperti hufuf ”V”
Kepalanya cendrung lebih besar dan bulat.
Paruhnya cendrung pendek.
Pen/dubur lebih panjang dan di tumbuhi bulu yang banyak.
Bodi/badan cendrung lebih panjang.
Klep matanya putus-putus dan tebal di bagian bawah.
Warna bulunya lebih tajam.

Ciri-ciri burung pleci betina

Ekornya lebih pendek dan bagian ujungnya lebih rata.
Kepalanya cendrung lebih kecil.
Paruhnya lebih panjang.
Pen/dubur lebih kecil dan di tumbuhi sedikit bulu.
Bodi/tubuhnya cendrung lebih pendek dan bulat.
Klep mata bulat tebal tanpa putus.
Warna bulunya cendrung lebih kusam

Ada beberapa suara rekomendasi yang biasa anda jadikan sebagai masteran untuk burung pleci ini :

suara burung cililin : suara tajam dan ngerollnya memang terdegar cukup cocok dengan suara burung pleci, jika burung anda bisa / mau membawakan suara cililin ketika lomba bukan tidak mungkin burung anda bisa menjadi salah satu kandidat juara.

suara burung kenari : dengan suara ngeroll yang panjang dan terdengar tidak putus – putus suara kenari bisa menjadi pilihan kedua setelah suara burung cililin.

Semua Jenis Burung Madu
Burung Madu (contoh kolibri) mempunyai suara Crecetan yang pedas dan kasar, suara seperti itu sangat digemari para Kacer Mania untuk dijadikan suara burung Masteran.

suara burung lovebird

Dan lain lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *