Apa itu lovebird wild type?

Posted on

Apa itu lovebird wild type?
Burung Lovebird Wild type adalah lovebird yang memiliki fenotip dan genotip sebagaimana spesies di alam liar. Dalam aspek fenotip, lovebird wild type punya penampilan (pengamatan visual) sebagaimana spesies aslinya. Begitu pula secara genotip (susunan genetiknya), sama seperti spesies lovebird di alam liar.

Seperti diketahui, di dunia ini terdapat sembilan spesies lovebird. Tidak sedikit peternak yang mengawinkan lovebird dari spesies yang berbeda. Perkawinan silang / persilangan (cross-breedding) antara lovebird yang berbeda spesies ini kemudian menghasilkan ribuan mutasi-mutasi baru, dengan penampilan yang berbeda dari kedua induknya.

Akibat banyaknya mutasi baru, sebagian penghobi mengkhawatirkan eksistensi lovebird wild type: lovebird dengan fenotip dan genotip sebagaimana aslinya di alam liar dulu.

Wild type memiliki pengertian yang lebih luas ketimbang wild colour. Seperti dijelaskan, lovebird wild type mempunyai fenotip dan genotip yang sama seperti spesies lovebird di alam liar. Adapun wild colour hanya sebatas pengamatan visual (fenotip) saja.

Lovebird yang terlihat hijau standar (josan) seringkali disebut sebagai wild type. Secara fenotip ya, namun susunan rantai-rantai genetiknya (DNA) belum tentu sama seperti spesies aslinya di alam liar. Boleh jadi dia merupakan hasil persilangan dengan spesies lain, namun gen hijau standarnya bersifat dominan, sehingga “menutupi” gen yang diwariskan dari pasangannya (resesif).

Lovebird Wild Type

Proses penjodohan lovebird wild type
Tidak mudah untuk mendapatkan materi induk lovebird wild type, mengingat praktik persilangan lovebird sudah marak di hampir semua negara. Tapi di situlah seni beternak lovebird wild type.

Untuk mendapatkan indukan yang baik, dia akan memilih burung yang sehat dan lincah. Proses penjodohan makin mudah jika burung jantan dan betina sama-sama dewasa dan sudah birahi. Usahakan umur pejantan lebih tua sedikit (jangan terpaut terlalu jauh) daripada betinanya.

Proses penjodohan diawali dengan saling mengenalkan calon induk jantan dan betina. Burung betina tetap berada di sangkar bulat, sedangkan burung jantan dimasukkan ke kandang battery. Sangkar dan kandang ini didekatkan, agar kedua burung bisa saling mengenal.

Cara Mencetak Lovebird Wild Type Tanpa Bahan Wild Type

Pendapat lain mengatakan bahwa lovebird wild type bisa diciptakan tanpa menggunakan bahan wild type.

Lalu bagaimana cara mencetak wild type dari bahan lokal?
Pilih marking dan species yang diinginkan
Ikut rujukan penjurian beauty contest untuk memastikan bahwa itu adalah species yang benar, atau samakan dengan wujud gambar. Contoh menggunkan burung lovebird josan (ijo)

STEP 1

Green Vs Green

Menghasilkan anakan green dan atau non green, dan atau membawa mutasi tertentu.
Anak dari indukan diatas disebut sebagai F1 (Filial 1 / Keturunan Pertama).

Pilih F1 yang paling mendekati ciri ciri wild type kemudian kawinkan sesama F1 (semua anak dari parent disebut F1, entah itu setarangan ataupun tidak).

STEP 2

F1 Green Vs F1 Green

Sesama keturunan pertama kemudian saling dikawinkan untuk menghasilkan Keturunan tingkat kedua (F2 / Filial 2).

Seharusnya disini anakan hampir semua berwarna Hijau Standar…… mungkin beberapa masih membawa mutasi pastel atau mutasi mutasi resesif yang tidak terlihat.

Untuk memastikan kita telah membuang semua mutasi resesif kita kawinkan lagi antar sesama F2 (seperti langkah 1)

STEP 3

F2 Green Vs F2 Green

Pada tahap inilah mulai dihasilkan F3, biasanya fenotip pada tingkat ini sudah mulai stabil.

Secara fisik semua burung sudah berwarna hijau standar dan berpenampilan seperti wild type.

Namun demikian diperlukan lagi pemurnian tingkat genetika, sehingga F3 kemudian dikawinkan kembali sesama F3

STEP 4

F3 Green Vs F3 Green

Step 4 merupakan tahapan awal pemurnian genetika, dan itu kemudian dilanjutkan berulang ulang sampai dihasilkan F7.

Para ahli berpendapat bahwa mutasi F7 lah yang sebenarnya merupakan mutasi stabil baik secara fenotip maupun genetika.

Pada tingkat perkawinan F7 inilah beberapa orang sudah berani menyebut burung lovebird tersebut dengan sebutan WILD TYPE ==> TIDAK MEMBAWA MUTASI APAPUN (MURNI JOSAN TOK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *