Burung Cucak ijo Banyuwangi dan kalimantan, bagusan mana?

Posted on

Burung Cucak ijo Banyuwangi merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari daerah Banyuwangi Jawa Timur. Burung ini tergolong burung yang harga nya cukup lumayan mahal di bandingkan dengan jenis burung cucak ijo lain nya.

Burung cucak ijo yang habitnya di daerah Jawa Timur ini memiliki ciri kepala yang ukuran nya relatif besar, warna bulu nya lebih tajam dengan berwarna hijau, bentuk tubuhnya lebih terlihat melengkung, dan suara kicauan burung ini lebih merdu dari jenis yang lain.

Burung cucak ijo Kalimantan merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari pulau Kalimantan. Jenis burung ini merupakan jenis burung yang memiliki mental yang baik dan tegas alias tangguh. Burung yang mempunyai warna hijau namun cenderung kekuning-kuningan ini memiliki badan yang terang dan ketika burung ini sudah dewasa pada bagian wajahnya tidak nampak berwarna biru.

Dari soal harga burung cucak ijo kalimantan ini tidak semahal dari burung cucak ijo Banyuwangi. Ngomong – ngomong soal harga, maka bagi seorang pemula sebelum membelinya alangkah baiknya kita mengetahui ciri dan karakteristik dari burung cucak ijo Banyuwangi maupaun Kalimantan ini agar tidak keliru dengan cucak ijo jenis lainnya.

 

Burung cucak ijo

Perbedaan Postur Tubuh
Burung Cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi bisa kita kenali dari bentuk atau postur tubuhnya. Burung Cucak ijo Banyuwangi pada umumnya memiliki badan yang lebih panjang dan juga agak lentur sehingga akan tampak dengan sedikit melengkung. Postur burung cucak ijo Kalimantan pada umumnya lebih pendek dan juga tidak melengkung seperti hal nya burung cucak Ijo Banyuwangi.

Perbedaan Saat Ngetrok
Pada waktu ngetrok, burung cucak ijo Banyuwangi umumnya akan menjenggrikan pada bagian jambulnya. Jadi terlihat semakin atraktif, namun untuk cucak ijo Kalimantan tidak atraktif, baik itu pada saat ngetrok ataupun pada saat tidak ngetrok. Bagian Jambul yang atraktif merupakan salah satu nilai plus yang menjadikan cucak ijo Banyuwangi lebih banyak diminati oleh para penghobi burung.

Perbedaan Warna
Burung Cucak ijo Banyuwangi memiliki bulu khas yang berwarna hijau tua. Sedangkan untuk bulu burung cucak ijo Kalimantan tampak lebih pucat dan mempunyai warna hijau kekuning-kuningan.

Perbedaan Ekor
Karena postur tubuhnya berbeda, maka kedua burung ini pun memiliki karakteristik yang terlihat berbeda pula. Pada Bagian ekor burung cucak ijo Banyuwangi tampak lebih panjang, lebih lentur, dan terlihat melengkung, Sedangkan ekor pada burung cucak ijo Kalimantan lebih pendek, kaku, dan juga tidak melengkung seperti cucak ijo banyuwangi.

Perbedaan Kicauan
Suara Burung cucak ijo Banyuwangi memiliki kicauan yang sangat variatif, panjang, serta atraktif terutama pada saat sedang diadu. Sedangakan cucak ijo Kalimantan sebaliknya. Suara cenderung lebih pendek dan juga monoton. Akan tetapi Kadang – kadang burung cucak ijo yang asalnya dari luar Banyuwangi juga memiliki suara yang istimewa. Serta bisa dimungkinkan karena memang dari karakter dasar dari burung cucak ijo itu sendiri.

Selain itu juga pemberian perawatan terbaik untuk cucak ijo juga berpengaruh besar terhadap kualitas cucak ijo tersendiri. Nah,,, sobat kicau mania itu adalah beberapa perbedaan jenis burung cucak ijo banyuwangi dan kalimantan serta ciri fisiknya, semoga bermanfaat dan lebih bisa membedakan jenis cucak ijo yang satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *